Minggu, 28 Oktober 2012

Roh Kudus yang Membimbing dan Menuntun Kehidupan Umat Manusia



Roh Kudus yang Membimbing dan Menuntun
Kehidupan Umat Manusia

Apakah pengertian Roh Kudus bagi kita dikehidupan kita sehari-hari? Banyak yang melupakan kehadiran dari Roh Kudus, yang sebenarnya Roh Kudus telah diberikan oleh Allah melalui kenaikan Tuhan kita Yesus Kristus ke sorga. Roh Kudus adalah Roh Penghibur yang telah hinggap di dalam diri kita umat manusia. Bukan hanya orang Kristen yang diberikan Roh Kudus, melainkan semua umat manusia tanpa terkecuali. Sebab kekuasan Allah tidak ada yang dapat mengukurnya, ketika kita mengatakan atau memiliki pemikiran bahwa Roh Kudus hanya milik orang Kristen maka secara tidak langsung kita telah mempersempit kekuasaan Allah.
Roh Kudus (Roh Penghibur) telah diberikan kepada kita oleh Tuhan, dengan tujuan agar umat manusia tidak lepas dari jalur atau jalan Tuhan. Roh Kudus adalah Roh yang dapat membimbing dan menuntun umat manusia di dalam melakukan pekerjaan kita di dunia ini. Dengan hadirnya Roh Kudus dan kita tidak melupakan akan pekerjaan Roh Kudus di dalam diri kita, maka kehidupan kita tidak akan pernah mengalami puncak dari kesedihan, kesusahan, penderitaan dan pergumulan sehingga membuat kita melakukan jalan pintas yaitu “bunuh diri”. Akan tetapi kehidupan yang mengandalkan Roh Kudus tidak akan mengalami kesedihan yang berkelanjutan sebab Roh Kudus akan menghibur kita didalam kesedihan kita, sehingga bukan kata “bunuh diri” melainkan kata “aku ingin hidup 1000 tahun lagi”.
Hidup di dalam Roh Kudus yang memberikan penghiburan dan kita menjadi bersukacita, maka jangan hanya milik kita sendiri sukacita itu. Sebab Roh Kudus adalah Roh yang bekerja, maka ketika kita bersukacita maka sukacita harus kita berikan kepada masyarakat setempat, melalui perkataan dan perbuatan kita sehari-hari di dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga masyarakat akan merasakan sukacita kita di dalam diri masyarakat itu sendiri. Sebab Roh Kudus membimbing kita untuk bersaksi didalam kehidupan kita bahwa Tuhan Yesus Kristus telah naik ke sorga untuk menebus dosa umat manusia.
         Kita sudah mempercayai Tuhan Yesus Kristus naik ke surga, dan kita juga telah menerima Roh Kudus di dalam diri kita sendiri. Alangkah patut bersyukur kita telah mengenal Roh Kudus didalam diri kita, sehingga kita tidak lagi bimbang di dalam kehidupan kita. Dengan demikian kita harus bisa melakukan pekerjaan kita lebih dari orang yang belum mengenal Roh Kudus walaupun mereka memiliki Roh Kudus itu di dalam diri mereka. Kita harus menjadi alat Tuhan didalam bersaksi dikehidupan kita untuk menyatakan bahwa Roh Kudus benar-benar ada didalam diri kita. Roh Kudus akan memperbaharui kehidupan kita, demikianlah yang akan terjadi kepada siapapun apabilah Roh Tuhan (Roh Kudus) bersama dengan kita. Karena Roh Kudus maka kita dapat mengikuti kebaktian minggu yang selalu memiliki perubahan inovasi pembaharuan. Lebih daripada itu, Roh Kudus dapat menuntun – mengarahkan kita untuk kebersamaan dalam suka maupun duka, dalam mempertahankan kebenaran yang sudah lama  dan meneruskan pembaharuan. Rohlah yang memperbaharui, yang mempersatukan kita, yang mengajari kita, yang memberitahukan kepada kita mengenai Rahasia Kerajaan  Allah, baik yang telah diberitakan dan diberitahukan, demikian juga yang belum diberitahukan dan akan diberitahukan kepada orang-orang  yang mau taat, tunduk, setia, pelaku dibimbing oleh Roh Kudus. Roh Kudus yang memberikan hidup, marilah kita menjaga Jiwa, Hati dan Pikiran keluarga kita dengan  menyerahkannya kedalam tuntunan Roh Kudus. Agar Roh Kudus selalu beserta dengan kita, sehingga kita selalu dapat nyambung dengan Tuhan dan sesama kita manusia. Amin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar